Tuesday, January 28, 2014

Review: Breaking Bad Season 5 (2013)


Walter White, seorang profesor kimia cerdas yang bekerja sebagai guru di salah satu SMA di Amerika mengambil keputusan terbesar dalam hidupnya dengan menjadi seorang pengedar narkoba bersama salah seorang muridnya bernama Jesse Pinkman yang sudah terlebih dahulu berkecimpung didalam dunia obat-obatan terlarang. Langkah ini dai ambil setelah divonis dokter Mr.White terkena kanker paru-paru dan tidak mempunyai umur panjang lagi sehingga harus menyediakan dana cukup besar untuk keperluan istri dan anak-anaknya. Iya itu tadi gambaran besar serial Breaking Bad yang membuat saya betah selama 6 tahun untuk mengikutinya.

"Tread lightly." Walter White

Terlihat sederhana memang tapi percayalah ini lebih rumit daripada yang anda kira. Kekuatan besar serial ini adalah skrip dan karakternya yang sangat kuat. Bagi anda yang tidak terbiasa dengan drama tempo lambat saya jamin menonton season 1 yang hanya berjumlah 8 episode saja sampai sekarang saya yakin tidak akan selesai. Tapi percayalah serial ini menuntut anda untu ekstra sabar sampai kemudian departemen penulisnya membayar lunas kesabaran anda dengan keseruan dan intensitas kelas atas untuk season 5 bagian ke 2 nya. Saya tidak mau terlihat berlebihan tapi coba anda browsing ulasan-ulasan didunia maya tentang seluruh season 5 part 2 nya per episode. Saya jamin anda akan menemui angka yang tidak jauh dari kisaran 98-100 per episodenya baik itu dari IMDB maupun Metacritic, karena memang se"epik" itu lah sisa 8 episode dari final season ini. Bahkan saya hampir selalu melongo ketika ada peluntiran-peluntiran kisah yang tidak memaksa dan terasa sangat mungkin terjadi ketika anda terjebak pada situasi yang dialami Walter White selama 5 season berjalan.

"I'm not in the meth business. I'm in the empire business." Walter White

Tentang karakternya sendiri Walter White diperankan sangat baik oleh Bryan Cranston kalau saja dunia pertelevisian mempunyai ajang seperti Oscar mungkin dia akan menyabet gelar Best Actor selama 5 tahun berturut-turut. Perubahan karakternya dari seorang guru baik-baik menjadi seorang pengedar narkoba kelas atas dieksekusi dengan baik oleh Bryan dengan transisi yang sangat pas. Kemudian Aaron Paul memerankan Jesse Pinkman yang pada awalnya senang berbisnis narkoba dengan Mr. White karena keuntungan yang sangat besar lama-lama menjadi curiga pada Walter yang sering memaksakan kehendaknya untuk kepentingan pribadi. Satu poin penting menurut saya yang membuat saya kagum adalah bagaimana sosok Walter White ini mempunyai efek yang sangat besar terhadap orang-orang yang pernah langsung bahkan tidak langsung berkaitan dengannya. Saya ambil contoh bagi kalian yang ingat, bagaimana mungkin seorang Walter White dapat mengakibatkan 2 pesawat terbang bertabrakan diudara? saya tidak mau membocorkan ceritanya tonton saja sendiri di salah satu episode Season 2 nya, dan saya jamin THAT WAS EPIC!

"All I can do is wait. That's it. That's the only good option. Hold on, bide my time, and wait For the cancer to come back." Skylar White

So, ini adalah drama keluarga kriminal terbaik dalam 5 tahun terakhir dengan performa luar biasa dari Bryan Cranston yang sampai membuat Sir Anthony Hopkins (ya Hannibal Lecter itu lho) menuliskan sebuah fan letter yang memuji Bryan dengan menulis "Your performance as Walter White was the best acting I have seen – ever.”

"Say my name." Walter White

No comments:

Post a Comment